Puput Rahmawati Pengantar Teknik Industri Mengenal Teknik Industri: Pengertian dan Wilayah Kajian

Mengenal Teknik Industri: Pengertian dan Wilayah Kajian



Memahami pengertian Teknik Industri menjadi dasar dalam mengenal keilmuan Teknik Industri. Selain itu kita juga perlu memahami apa saja wilayah kajian dalam keilmuan Teknik Industri agar lebih terarah.

Menurut Institute of Industrial and Systems Engineers (IISE) Teknik Industri merupakan keilmuan yang berkaitan dengan desain (design), peningkatan (improvement), dan pemasangan (installation) sistem terintegrasi orang, bahan, informasi, peralatan, dan energi. Ilmu Teknik Industri melibatkan penerapan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam matematika, fisika, dan ilmu sosial. Dalam disiplin ini, digunakan prinsip dan metode analisis serta desain teknik untuk mengidentifikasi, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang diharapkan dari sistem yang dikaji. Agar lebih mudah dipahami, yuk kita lihat gambar berikut ini.

Peta Pengertian Teknik Industri
Peta Pengertian Teknik Industri

Proses design, improve, atau pun installation yang dilakukan dalam keilmuan Teknik Industri, dilakukan terhadap salah satu atau keseluruhan dari object Teknik Industri, yaitu manusia (man), mesin (equipment), material, informasi, dan energi.

  1. Manusia (man): misalnya melakukan perancangan sistem kerja untuk meningkatkan produktivitas karyawan, membuat prosedur kerja untuk meningkatkan kecepatan operator dalam bekerja, atau menerapkan keilmuan TI dalam membuat layout pada gudang baru (installasion).
  2. Mesin atau Equipment: misalnya menerapkan suatu konsep yang dapat memperpanjang umur mesin.
  3. Material/Bahan-bahan: misalnya menentukan metode pengadaan persediaan bahan baku yang mengeluarkan biaya terendah.
  4. Informasi: misalnya ERP system pada perusahan.
  5. Energi: misalnya efisiensi energi, penghematan energi, dan penggunaan sumber energi yang berkelanjutan. Penggunaan energi yang efisien dan berkelanjutan dapat menghasilkan manfaat ekonomi, lingkungan, dan sosial yang signifikan.

Dalam dunia yang terus berkembang, Teknik Industri telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang sangat penting. Bidang ini berfokus pada perbaikan proses, peningkatan efisiensi, dan pengelolaan sumber daya untuk meningkatkan kinerja organisasi. Sebagai upaya menguasai bidang ini dengan baik, maka penting untuk memahami Body of Knowledge (BOK) atau pengetahuan dasar Teknik Industri. BOK Teknik Industri berperan sangat penting bagi siapapun yang ingin menyelami keilmuan Teknik Industri dan penting untuk kesuksesan profesional.

Apa itu Body of KnowledgeTeknik Industri?

Body of Knowledge (BOK) Teknik Industri mencakup berbagai topik yang meliputi prinsip dasar, metode analisis, teknik pemodelan, perencanaan dan pengendalian, manajemen operasi, manajemen rantai pasok, ergonomi, kualitas, dan lain-lain. Topik-topik tersebut merupakan kumpulan pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai oleh para profesional Teknik Industri untuk memahami dan mengatasi berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam lingkungan kerja.

Body of Knowledge (BoK) Teknik Industri tidak diterbitkan oleh satu entitas tunggal atau organisasi tertentu. BoK Teknik Industri adalah hasil dari kontribusi dan pemahaman luas dari para profesional, akademisi, dan pakar di bidang Teknik Industri. Banyak organisasi profesional, salah satunya Institute of Industrial and Systems Engineers (IISE) di Amerika Serikat, memiliki panduan BoK Teknik Industri yang diakui secara luas.

Selain itu, lembaga pendidikan yang menawarkan program Teknik Industri juga berkontribusi dalam menyusun BoK Teknik Industri melalui kurikulum mereka. Mereka mempertimbangkan tren industri terbaru, permintaan pasar tenaga kerja, serta perkembangan dan penelitian terkini dalam disiplin Teknik Industri.

Dalam banyak kasus, BoK Teknik Industri terus diperbarui dan disesuaikan dengan perubahan teknologi, tantangan industri, dan kebutuhan profesional di lapangan. Oleh karena itu, BoK Teknik Industri adalah representasi dinamis dari pengetahuan dan keterampilan yang penting dalam disiplin ini, dan dapat bervariasi tergantung pada sumber dan konteksnya.

Bagaimana dengan Body of Knowledge (BoK) Teknik Industri yang familiar digunakan di perguruan tinggi?

Pada umumnya, terdapat 4 kelompok keilmuan atau konsentrasi pada perkuliahan di Teknik Industri. Empat keilmuan tersebut adalah operation research (OR), human factor, manufacturing system, dan manajemen sistem. Yuk kita bahas satu per satu!

  1. Operation Research

Operation Research atau Penelitian Operasi adalah suatu disiplin ilmu yang menggunakan metode ilmiah dan analisis matematis untuk membantu pengambilan keputusan terbaik dalam merancang dan mengelola sistem yang kompleks. Operation research sangat erat dengan ilmu matematika dan statistika.

2. Human Factor

Human Factor adalah adalah bidang ilmu yang mempertimbangkan interaksi antara manusia dengan sistem atau teknologi pada industri. Human factor mencakup studi tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan peralatan, proses, lingkungan kerja, dan sistem lainnya di lingkungan industri. Fokus utama dari human factor adalah memahami bagaimana faktor manusia dapat mempengaruhi kinerja, keselamatan, kesehatan, dan efisiensi dalam proses produksi dan operasional.

3. Manufacturing System

Manufacturing system atau sistem manufaktur merupakan bidang ilmu yang banyak diminati oleh mahasiswa yang berminat atau sudah pernah bekerja di perusahaan manufaktur. Seperti namanya bidang ini berfokus pada perancangan, pengembangan, analisis, dan pengelolaan sistem produksi untuk memproduksi barang dan produk secara efisien dan efektif. Pernah mendengar lean six sigma? Nah, Anda akan mempelajarinya di bidang ilmu sistem manufaktur ini.

4. Management System

Management System atau sistem manajemen adalah merupakan konsentrasi yang menyatukan prinsip-prinsip manajemen dengan teknik-teknik khusus untuk mengoptimalkan proses industri, meningkatkan efisiensi, dan mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif. Ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan sistematis untuk meningkatkan kinerja dalam lingkungan industri dan bisnis.

Sebagai penutup, kita telah menjelajahi dasar-dasar Teknik Industri, meliputi pengertian dasarnya, lingkup objek studi, dan signifikansi Body of Knowledge (BoK) Teknik Industri yang melibatkan beragam aspek pengetahuan. Memahami esensi Teknik Industri, sektor-sektor yang dapat dijangkau olehnya, dan kerangka pengetahuan yang diperlukan adalah langkah pertama yang sangat penting dalam memahami kontribusi disiplin ini dalam meningkatkan dunia industri. Dengan pengetahuan ini, kita siap untuk belajar tentang Teknik Industri lebih dalam agar dapat menghadapi tantangan masa depan dan berperan dalam memajukan industri dengan lebih baik. Semangat belajar!

Penasaran bagaimana sejarah keilmuan Teknik Industri?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post